Day #5 Mindset orang mulia


Setelah membaca buku yang berjudul "Unlimited Wealth" karya Bong Chandra saya mendapatkan sebuah pemikiran yang bagus. Saya menyebutnya dengan mindset orang kaya dan mindset orang miskin. Btw mindset itu artinya cara berpikir.

Langsung saja. Mindset orang pada umumnya adalah sebagai berikut:

KERJA + UANG = MASA DEPAN

Maksudnya pernyataan diatas adalah orang pada umumnya bekerja untuk menghasilkan uang, dimana dengan uang tersebut dia bisa membangun masa depan.

Sedangkan mindset orang kaya adalah sebagai berikut:

KERJA + ASET + UANG = MASA DEPAN

Orang kaya bekerja juga, sama dengan orang pada umumnya. Yang membedakan mereka dengan orang lain adalah mereka berkerja untuk membangun aset. Aset adalah harta produktif yang bisa menghasilkan uang bagi pemiliknya, contoh sawah, binatang ternak, bisnis, tanah, rumah yang disewakan dll. Nah, aset disinilah yang menghasilkan uang yang dengan itu orang kaya bisa membangun masa depannya. Kira-kira seperti itu penjelasannya.

Letak kelemahan pada mindset orang pada umumnya adalah jika mereka tidak bisa bekerja karena sakit, kecelakaan, umur atau segala sesuatu yang bisa membuat mereka tidak bisa bekerja maka hasilnya adalah seperti ini:

KERJA + UANG = MASA DEPAN?

Jika mereka berhenti bekerja maka mereka tidak bisa menghasilkan uang yang akhirnya masa depan mereka menjadi tanda tanya besar. Mungkin ada yang ikut asuransi sebagai salah satu alternatif. Akan tetapi menurut saya kita tidak bisa menggantungkan masa depan kita kepada orang lain. Karena kita tidak tahu di masa depan akan menjadi seperti apa. Jadi intinya masa depan harus menjadi tanggung jawab kita sendiri.

Oke. Sekarang saya akan melanjutkan pembahasan dengan mindset orang kaya. Apa yang akan terjadi ketika orang kaya sudah tidak bisa bekerja lagi?

KERJA + ASET + UANG = MASA DEPAN

Nah, kelebihan dari mindset orang kaya adalah jika mereka para orang kaya sudah tidak bisa bekerja atau memutuskan untuk tidak bekerja lagi maka masih ada aset yang akan menghasilkan uang atau penghasilan untuk mereka. Thats it!

Sehingga dengan uang yang terus dihasilkan oleh aset-aset mereka. Para orang kaya memiliki banyak waktu luang yang merupakan harta paling berharga yang sering dilupakan banyak orang. Dengan waktu luang itu mereka bisa berkumpul bersama keluarga, berlibur, mengaji, melakukan hal-hal yang disukai, dll.

Mungkin tidak semudah apa yang saya tulis, tapi juga tidak sesulit yang anda pikirkan.

Saya memiliki ide berdasarkan pembahasan diatas. Ini saya namakan mindset orang mulia, yaitu:

KERJA + ASET DUNIA + UANG + ASET AKHIRAT  = MASA DEPAN (SURGA)
      |_____________________________|

Penjelasannya hampir sama dengan mindset orang kaya yaitu kita bekerja kemudian menghasilkan uang untuk membangun aset dunia kemudian dengan uang dari aset dunia tersebut kita gunakan untuk membangun aset akhirat seperti membangun masjid, membuat buku-buku yang bermanfaat, membuat kegiatan sosial, mengajar dan perbuatan baik lainnya yang dapat menghasilkan pahala berlipat ganda sampai kita mati. Dengan hasil akhirnya adalah surga yang luar biasa. Atau bisa saja dengan bekerja yang hasilnya langsung di gunakan untuk membangun aset akhirat.

Walaupun mindset orang kaya menjanjikan penghasilan pasif yang menggiurkan atau waktu luang untuk melakukan apa pun yang kita sukai akan tetapi itu semua mungkin hanya mencakup urusan dunia saja. Akan tetapi pada mindset orang mulia kita dituntut tidak hanya memikirkan urusan dunia saja akan tetapi akhirat yang lebih dikedepankan. Karena orang yang mulia tahu bahwa kebahagiaan yang paling hakiki dan kekal hanyalah kebahagiaan akhirat. 

Bisa saja ketika kita menerapkan mindset orang mulia kehidupan kita tidak berubah atau stagnan bahkan cenderung merugi. Akan tetapi siapa tahu akan mendatangkan keberkahan. Karena bahagia itu belum tentu berkah. Tapi berkah sudah pasti bahagia. Thats it!

Pengetahuan tidak berarti sebelum dipraktekkan
"Jika engkau tidak memiliki rencana yang jelas, maka engkau akan masuk dalam rencana orang lain." Dr. Shalah Shalih ar-Rasyid
 
 

This entry was posted in . Bookmark the permalink .

1 Response to Day #5 Mindset orang mulia

  1. Wow Hebat, mindset orang mulia

    KERJA + ASET DUNIA + UANG + ASET AKHIRAT = MASA DEPAN (SURGA)

    Amiin
    Petuah yang sangat bagus
    Terima kasih

Leave a Reply